travel writing forum with agustinus wibowo


Di tengah maraknya penerbitan buku-buku traveling mengunjungi ‘negeri-negeri indah’ dengan budget terbatas, yang dilengkapi foto-foto narsis sekedar untuk memamerkan pada pembaca bahwa I’ve been there, dan para penulisnya juga dengan bangga melabeli dirinya sebagai backpacker, terselip dua buku perjalanan menjelajah negeri-negeri di Asia Tengah: Selimut Debu (2010) dan Garis Batas (2011). Kedua buku perjalanan yang ditulis Agustinus Wibowo, pemuda pemberani asal Lumajang itu, tidak berkisah tentang keindahan seperti yang jamak kita baca dalam tulisan perjalanan, apalagi review mengenai akomodasi irit dan itinerary berikut harga tiket pesawatnya. Tak heran jika di sejumlah toko buku, Selimut Debu dan Garis Batas tidak dipajang bersamaan dalam rak buku traveling, namun berada di antara buku bacaan umum dan sastra.

Lewat Selimut Debu dan Garis Batas, Agustinus Wibowo memperkenalkan genre sastra perjalanan (travel narrative) yang belum begitu populer di Indonesia. Berbeda dengan genre travel writing sebagai panduan informasi perjalanan yang kita kenal saat ini, sastra perjalanan merupakan tulisan perjalanan yang ditulis layaknya karya sastra. Jenis karya ini sama sekali tidak membahas tentang “how to get there” tetapi merupakan karya tulis yang memadukan unsur jurnalistik, refleksi personal, dan keindahan sastra.

Selain memadukan ketiga unsur tersebut, penulisan sastra perjalanan juga membutuhkan riset yang dilakukan sebelum, selagi, dan sesudah melakukan perjalanan. Perjalanan yang dilakukan secara asal-asalan atau tidak dipersiapkan dengan matang, juga akan menghasilkan tulisan yang kering dan hambar.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai genre sastra perjalanan, SMARTRAVELER dan GOODREADS INDONESIA menggelar Travel Writing Forum Sembari Minum Kopi. Forum obrolan santai ini akan membahas tentang proses kreatif penulisan sastra perjalanan AGUSTINUS WIBOWO dan bagaimana kiat menstrukturkan pengalaman perjalanan dalam narasi oleh KRIS BUDIMAN, budayawan & penulis sejumlah buku sastra. Diskusi ini akan dimoderatori oleh ANI HIMAWATI, antropolog yang hobi traveling.

Obrolan santai penuh gizi ini akan diselenggarakan pada hari SABTU SORE, 7 MEI 2011 di Quack Quack Resto, Kompleks RRI Demangan Jl. Gejayan/Affandi, Yogyakarta, pukul 15.00 – 17.30 WIB. Acara terbuka umum dan GRATIS. Tersedia 100 bookmark unik untuk 100 peserta yang datang duluan dan DOORPRIZE berupa buku-buku terbitan GRAMEDIA.

Travel Writing Forum terselenggara atas dukungan GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA, QUACK QUACK RESTO, RRI Pro 2 JOGJA, Radio INDONESIA BUKU, dan Timkreatif REGOL. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sembari-ngopi.blogspot.com, HP: 08121575474 & 0818258438 (SMS only).

Penanggung Jawab Acara

Suluh Pratitasari | e: suluhpratita@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s